Rabu, 03 Oktober 2012

HEXAGON menggunakan OpenGL

Sekarang ada tugas lagi membuat HEXAGON obat nyamuk menggunakan OpenGL. Untuk membuat HEXAGON berbeda dengan membuat Rumah2D, disini kita perlu menggunakan header #include math.h pada DevC++ karena kita akan menggunakan rumus seperti cos dan sin.
Gambarnya seperti dibawah ini :

untuk penjelasan coding, rumus yang digunakan seperti ini :
glBegin(GL_LINE_STRIP);
    glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);
    glVertex2f(10.0, 0.0);
    glVertex2f(10 * cos(2*3.14159265 * 1/6), 10 * sin(2*3.14159265*1/6));
    glVertex2f(10 * cos(2*3.14159265 * 2/6), 10 * sin(2*3.14159265*2/6));
    glVertex2f(10 * cos(2*3.14159265 * 3/6), 10 * sin(2*3.14159265*3/6));
    glVertex2f(10 * cos(2*3.14159265 * 4/6), 10 * sin(2*3.14159265*4/6));
    glVertex2f(10 * cos(2*3.14159265 * 5/6), 10 * sin(2*3.14159265*5/6));
    glVertex2f(11 * cos(2*3.14159265 * 6/6), 11 * sin(2*3.14159265*6/6));
    glEnd();
dimana 10 adalah jari-jari lingkarannya, 1-6 itu variabel loopingya dan 6 adalah jumlah sudutnya.
rumusnya tidak melakukan looping tetapi dengan cara manual yaitu dengan menggunakan rumus tersebut sebanyak 10 kali agar dapat menghasilkan gambar diatas dan membentuk seperti obat nyamuk.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar